Cukai Tembakau Tambah Pendapatan Rp. 50,1 T

JAKARTA - Hasil studi Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LDFEUI) mengenai ekonomi tembakau di Indonesia mengungkapkan, kenaikan cukai tembakau bisa meningkatkan pendapatan negara sebesar Rp50,1 triliun.

Tak hanya itu, peningkatan cukai tembakau sampai batas maksimum yang diperbolehkan UU Nomor 39/2007 dapat mencegah 2,4 juta kematian yang disebabkan oleh rokok.

“Setelah melakukan simulasi, LDFEUI berkesimpulan peningkatan cukai tembakau sebesar 100 persen (dari 31 persen menjadi 62 persen) menyebabkan pengalihan pengeluaran rumah tangga dari rokok ke barang atau jasa lainnya,” ucap peneliti LDFEUI Abdillah Ahsan saat memaparkan hasil studi LDFEUI mengenai Ekonomi Tembakau di Indonesia, di Jakarta, Kamis (31/7/2008).

Abdillah mengatakan, pada akhirnya hal tersebut akan meningkatkan output perekonomian sebesar Rp335 miliar, di mana dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar Rp492 miliar serta menciptakan 281.135 lapangan kerja baru secara nasional.

Dengan kata lain, studi ini menangkis mitos bahwa penerimaan negara akan turun bila cukai tembakau dinaikkan. “Yang akan terjadi adalah penurunan jumlah perokok, yang berarti juga berkurangnya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit-penyakit yang disebabkan rokok,” jelas Abdillah.

Menurutnya, adanya kenaikan cukai ini akan semakin memberatkan masyarakat miskin pecandu rokok. Sehingga ini akan menurunkan konsumsi masyarakat miskin.

Berdasarkan data 2005, rata-rata belanja rumah tangga miskin untuk rokok sebesar 12,43 persen dari total pengeluarannya. Di mana setara dengan 15 kali pengeluaran untuk daging (0,85 persen), 8 kali pengeluaran untuk pendidikan (1,47 persen), dan 6 kali pengeluaran untuk kesehatan (1,99 persen). (AHL )

Sumber Berita :

http://economy.okezone.com

About these ads

Satu pemikiran pada “Cukai Tembakau Tambah Pendapatan Rp. 50,1 T

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s