Bea Cukai Coret 3.000 PPJK

Jakarta – Ditjen Bea dan Cukai sudah memblokir sekitar 3.000 Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan dan Cukai (PPJK). PPJK yang bermasalah diblokir oleh DJBC.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Bea dan Cukai Anwar Suprijadi di Gedung Depkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (12/8/2008).

“PPJK dulu kan 5.000-an, sekarang yang terdaftar hanya 2.000-an. Karena kita register dan lakukan law enforcement. Yang nggak benar diblokir,” ujarnya.

Penertiban PPJK ini salah satu upaya Ditjen Bea Cukai dalam reformasi di tubuh Bea Cukai. Bukan berarti dengan adanya pengurangan PPJK, penerimaan negara dari Bea Cukai menjadi berkurang. Justru penerbitan ini untuk mengoptimalkan penerimaan negara.

Selain mengurangi jumlah PPJK, jumlah importir juga mengalami penurunan dari sekitar 15.000 menjadi sekitar 14.000 importir.

“Berarti yang ada itu kualitasnya baik, pabrik rokok juga begitu. Sekitar 3.000-an lebih itu yang diputuskan 1.200 ditutup juga. Tapi malah produksinya naik, penerimaan juga naik, berarti kualitas pelaku kegiatan di BC makin baik,” ujarnya.

Dengan demikian, Anwar berharap, penyelundupan akan semakin berkurang.(ddn/ir)

Sumber : http://www.detikfinance.com/Wahyu Daniel/Selasa, 12/08/2008 14:51 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s