NSW perlu disosialisaikan intensif ke importir

JAKARTA: Tim persiapan sistem satu jalur kepabeanan (national single window/NSW) menegaskan perlu sosialisasi intensif kepada para importir, mengingat masih banyak pihak yang belum memahami secara persis prosedur dan mekanisme pelayanan impor.

“Kami memandang perlu untuk melakukan sosialisasi secara intensif, ini dalam kerangka penerapan sistem NSW. Tim juga sedang memperdalam kegiatan assessment teknologi melalui pembahasan dengan masing-masing instansi pemerintah,” kata Wakil Ketua Tim Pelaksana Sistem NSW Susiwijono Mugiharso seusai menghadap Menteri Perdagangan (Mendag) Marie E. Pangestu di Jakarta, sore ini.

Dalam kesempatan itu, Mendag mengatakan perkembangan penerapan sistem NSW saat ini sesuai rencana, di mana 17 instansi pemerintah (government agencies/GA) tergabung dalam sistem itu pada Juni 2008.

“Kalau sekarang ada lima GA. Kita bertahap, termasuk importir prioritas akan diperluas hingga akhir tahun sehingga semua importir bisa masuk,” kata Mendag.

Dengan perluasan layanan tersebut maka layanan sistem NSW dari yang sekarang hanya menjangkau 100 importir jalur prioritas menjadi seluruh importir dan seluruh eksportir.

Selain itu, pelaksanaan milestone pertama sistem NSW di 2008 juga didukung dengan perluasan lokasi penerapan sistem dari hanya di Tanjung Priok menjadi lima pelabuhan yaitu Tanjung Perak, Tanjung Emas, Belawan, Pelabuhan Udara Soekarno Hatta, dan Tanjung Priok sendiri.

Susiwijono menjelaskan Tim Persiapan NSW telah melakukan sejumlah kegiatan pembahasan lintas intansi guna membahas langkah awal persiapan perluasan penerapan sistem NSW di 13 GA. Setidaknya 13 GA itu akan bergabung dalam sistem NSW mulai Desember 2008.

Dalam pertemuan dengan Mendag, lanjut dia, juga disinggung mengenai kesiapan Tim Persiapan NSW dalam mempersiapkan bahan masukan untuk Delegasi RI dalam Pertemuan Asean Single Window Steering Committee (ASW-SC) di Bali, 7-9 April 2008. (09/10

Sumber : http://www.nsw.or.id/inswsite/index.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s